Cara Mendapatkan Pekerjaan Menurut data BPS (Badan Pusat Statistik) pada tahun 2015, jumlah penduduk bekerja didominasi oleh mereka yang mempunyai pendidikan SD ke bawah, sedangkan yang berpendidikan tinggi (Sarjana ke atas) justru lebih banyak menganggur. Padahal logikanya, semakin tinggi pendidikan maka semakin besa peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Namun, bagaimana data menunjukkan sebaliknya?

Inilah ironisnya kondisi tenaga kerja di Indonesia, meski sudah sekolah tinggi tapi ujungnya adalah menganggur. Karena kebanyakan dari mereka yang berpendidikan tinggi, hanya menjadikan sekolah sebagai tempat untuk menghindar dari tanggung jawab kerja, untuk bersenang-senang, dan sebagainya. Mereka tidak mempunyai satu tujuan, kualifikasi yang memadai sehingga sulit untuk mereka diterima diberbagai perusahaan.

Kebanyakan dari mereka juga merasa karena mempunyai pendidikan tinggi, sehingga tidak mau bekerja dari bawah. Padahal untuk mencapai puncak, haruslah menaiki anak tangga pertama. Tidak bisa secara instan dan cepat.

Bagi Anda yang saat ini baru lulus, entah dari Sekolah Menengah Atas, atau dari Perguruan Tinggi tertentu. Dan saat ini Anda sedang bingung mencari pekerjaan untuk menyambung hidup. Atau sekedar untuk menghindari cibiran para tetangga. Berikut ada beberapa cara mendapatkan pekerjaan yang semoga bisa membantu Anda keluar dari masalah Anda.

Cara mendapatkan pekerjaan:
1. Mempunyai keahlian di luar akademik

Dulu di sekolah pasti ada yang namanya kegiatan ekstrakulikuler, yaitu sebuah wadah bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan non-akademik. Bisa dibidang olahraga maupun seni. Manfaatkan kegiatan tersebut untuk meningkatkan bakat atau minat Anda. Hal ini merupakan salah satu cara mendapatkan pekerjaan setelah Anda lulus. Karena hanya dengan modal akademik saja tidak cukup, perusahaan tentunya menginginkan karyawan atau pegawai yang mempunyai banyak keahlian, tidak hanya pintar saja.

Selain itu, dengan memiliki kelebihan tertentu, maka Anda bisa mengembangkannya untuk membuka usaha sendiri. Jadi Anda tidak perlu melamar kesana kemari, menghabiskan waktu, belum tentu juga Anda akan diterima. Bagi Anda yang merasa tidak memiliki keahlian sama sekali, maka ingatlah bahwa Tuhan menciptakan setiap manusia dengan kelebihan dan kekurangan masing.

2. Menyebutkan prestasi yang gemilang

Pada saat Anda melamar pekerjaan, cantumkan prestasi yang pernah Anda terima selama ini. Meskipun itu hanya prestasi kecil, tetap Anda mencantumkannya. Dengan adanya prestasi atau penghargaan tersebut, bisa menjadi poin tambahan dari perusahaan untuk Anda. Perusahaan akan menilai bahwa Anda dapat diandalkan untuk bidang tersebut. Sehingga mereka akan berpikir bahwa Anda patut untuk dipertimbangkan.

3. Meminta rekomendasi dari orang lain

Mendapatkan pekerjaan setelah lulus memang bukan perkara mudah. Makanya tidak heran jika banyak pengangguran dibandingkan dengan pekerja. Bagi Anda yang selama sekolah atau kuliah aktif di organisasi, Anda bisa minta surat keterangan aktif dari organisasi yang bersangkutan. Surat rekomendasi aktif organisasi ini bisa menggantikan Anda yang tidak punya prestasi. Tapi, lebih baik jika mempunyai prestasi dan juga aktif di organisasi.

Atau Anda bisa meminta surat rekomendasi dari dosen yang memang mengenal Anda. Biasanya hal ini akan mempermudah Anda untuk lolos seleksi administrasi. Selain itu, bisa membantu pewawancara untuk mengenal karakter Anda saat proses wawancara.

4. Menunjukkan kemampuan yang terbaik

Pendidikan tinggi bukan jaminan Anda untuk mendapatkan pekerjaan dan gaji yang tinggi. Percuma jika pendidikan Anda tinggi tapi Anda tidak mempunyai keahlian. Karena perusahaan tidak hanya melihat nilai akademik Anda, melainkan lebih mengutamakan keahlian Anda dibidang yang mereka butuhkan. Jadi, Anda harus berusaha menunjukkan kemampuan Anda dibidang tersebut. Meyakinkan kepada perusahaan bahwa Anda layak untuk diterima.

Tuliskan prestasi, penghargaan, bakat dan kemampuan Anda dalam berkas lamaran Anda. Tapi ingat, disini yang Anda cantumkan adalah hanya yang berhubungan dengan posisi yang sedang Anda lamar. Jika tidak ada hubungannya, lebih baik tidak usah, karena tidak akan memberikan nilai lebih.

Itulah beberapa cara mendapatkan pekerjaan yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda yang saat ini sedang mencari pekerjaan. Boleh saja Anda mempunyai nilai akademik yang tinggi dan pengalaman yang banyak, tapi jika Anda tidak mau berusaha dan belajar maka Anda akan kalah saing. Ingatlah dengan hukum alam, yang bisa beradaptasi dialah yang akan bertahan. Selain itu, jangan pernah lupa berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Esa. karena bagaimanapun, Dia lah yang menentukan rezeki setiap manusia.

Anda akan langsung terhubung dengan kami via Whatsapp - Klik Nama dibawah ini.

Chat & Call via Whatsapp Klik Disini