Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera semoga hanya kebaikan yang menyertai kita semua . .

Saya membuat vidio ini menjelang Bulan Ramadhan, semoga nanti puasa dan ibadah kita lancar dan di teriman Oleh Allah SWT. Aamiin . .

Di dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kesalahan – kesalahan pedagang saat bernegosiasi yang menyebabkan pembeli tidak jadi membeli.

Langsung saja biar tidak makan banyak waktu. Berikut kesalahan yang sering dilakukan oleh para pedagang sehingga tidak terjadi pembelian

Yang pertama Teburu-buru ingin segera laku , dan parah nya tidak sedikit yang memaksa atau memohon agar segera membeli.

Ya anda memang butuh uang tidak mau rugi, tapi tidak seperti itu juga caranya

Santai dan nikmati proses dalam bernegoisiasi, jangan buru-buru dan jangan pernah memaksa untuk membeli

Yang kedua Tidak menonjolkan keunggulan produk, fokus anda hanya agar segera terjual tidak menjelaskan apa keunggulan atau manfaat-manfaat yang akan di dapatkan jika pembeli jadi membeli barang dagangan anda

Yang ketiga Tidak menyebutkan kekurangan produk, terlalu menonjolkan manfaat atau keunggulan juga tidak bagus, anda harus tetap menyampaikan minus , kekurangan atau kelemahan dari produk yang anda jual. Dengan anda menyampaikan kekurangan produk anda , pembeli akan yakin bahwa anda adalah pedagang yang jujur.

Yang ke empat menjelekkan saingan, ya tidak jarang saya temui pedagang ketika bernegosiasi menjelekkan produk pesaing anda.

Bukannya apa, dengan anda menjelekkan pesaing anda, pembeli justru penasaran apa benar memang produk anda lebih baik dan pesaing anda jelek, tentu pembeli akan kroscek dan datang langsung ke pesaing anda.

Ya kalau memang produk anda lebih bagus, kalau produk anda sama kualitas atau malah lebih buruk tentu pembeli akan membeli di pesaing anda, jadi sebisan mungkin jangan menyebut kekurangan atau membandingkan produk anda dengan pesaing anda

Yang ke lima Tidak punya alasan yang kuat kenapa pembeli harus membeli , anda harus pintar berbicara dan membuat seakan-akan barang atau produk anda ini pening bagi pembeli, rugi jika pembeli tidak membeli nya.

Bagaimana cara nya , tentu anda lebih tahu karena anda yang lebih menguasai produk anda sendiri.

Yang ke enam Kurang ramah dalam bernegosiasi , ya intonasi , volume dan nada bernegosiasi ini juga penting, karena salah bicara, salah intonasi atau salah volume saja, mungkin anda dianggap tidak ramah oleh para pembeli.

Mungkin niat anda baik, membesarkan volume agar pembeli mendengar tapi dari telinga pembeli mungkin terdengar seperti orang yang sedang marah.

Yang ketujuh harga yang kurang tepat atau kurang bagus, kalau untuk ini saya sudah pernah membuat vidio tentang meningkatkan omset dengan menentukan harga yang tepat, silahkan anda cari di chanel ini dengan kata kunci Cara Menentukan Harga Jual yang Menarik dan Menguntungkan abah romdhoni. Di situ sudah saja jelaskan secara detail cara menentukan harga.

Nah tujuh kesalahan ini yang sering dilakukan oleh para pedagang, sebenar nya masih ada banyak lagi namun menurut saya tujuh ini yang paling sering dilakukan.

Saya rasa itu dulu yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Akhir kata jika ada kebenaran yang saya katakan, itu semata dari Tuhan YME, jika ada salah kata saya pribadi mohon maaf, sampai jumpa di vidio-vidio saya selanjtnya. Saya Abah Romdhoni. Wassalamualaikum Wr. Wb.