Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera semoga hanya kebaikan yang menyertai kita semua . .

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa hal yang bisa menyebabkan Anda atau usaha anda bangkrut dengan mudah.

Ya siapa juga yang mau bangkrut, tentu semua orang tidak mau bangkrut.

Tapi meskipun tidak mau bangkrut tapi masih banyak yang berperilaku menuju kebangkrutan, baik ini bangkrut secara invidual atau bangkrut usahanya.

Nah dengan adanya artikel ini saya berharap membantu Anda untuk menghindari kebangkrutan.

Langsung saja berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan anda bangkrut dengan mudah

Yang pertama adalah Terbiasa dengan Hutang – baik berhutang atau memberi hutang, ya kurang segala urusan yang berkaitan dengan hutang, jikalau terpaksa berhutang , pastikan hutang anda adalah hutang produktif, yakni hutang untuk usaha, bukan hutang konsumtif.

Anda juga harus berusaha untuk meminimalisir memberi hutang, jikalau terpaksa pastikan nilai hutang tersebut sedikit, tidak berpengaruh kepada uang operasional usaha anda, dan pastikan juga anda memberi hutang kepada orang atau pihak yang benar – benar anda percayai.

Lalu poin yang kedua adalah Tidak faham atau tidak mau menerapkan skala prioritas, ya minimal anda harus tahu tentang kebutuhan sekunder, premier dan tersier.

Sebenar nya kalau semua orang tahu akan prinsip ini saya rasa tidak terkena masalah keuangan, tapi banyak yang tidak tahu, atau tahu tapi tidak mau menerapkan.

Lalu yang ketiga adalah tidak faham pengelolaan keuangan, nah khusu untuk usaha yang banyak kejadian adalah Mencampur uang usaha dengan uang pribadi

Ini kesalahan fatal, dan pasti anda pun tahu, tapi masih banyak yang melakukan kesalahan ini.

Soal hal ini saya pernah membahasnya, silahkan cari di chanel ini dengan kata kunci akibat mencampur uang pribadi dengan uang usaha abah romdhoni

Disitu sudah saya jelaskan akibat – akibatnya

Lalu poin ke empat yakni Merusak harga pasaran, biasanya terjadi dalam usaha yang tingkat persaingannya sangat tinggi, dan ketika anda sudah memutuskan yang penting laku dengan harga berapapun, untung sedikit tidak masalah, maka anda sudah mendekati pintu kebangkrutan. Jadi sebisa mungkin jangan merusak harga pasaran.

Yang ke lima Pamer atau ingin terlihat kaya , tidak ada penjelasan apapun, karena ini sudah jelas perilaku yang akibatnya adalah kebangkrutan.

Dan saya pun sudah yakin, anda pun sudah tahu. Tapi masih banyak yang melakukan hal ini.

Kebanyakan memang karena tidak merasa pamer, tapi hakikatnya adalah pamer.

Yang ke enam Tidak berinovasi dan tidak mau berkembang, tidak mau belajar lagi, padalah di era sekarang ini semua berubah dengan cepat , anda harus menyesuaikan dengan perubahan – perubahan tersebut . jika tidak, ya siap – siap saja anda akan tertinggal dan berisiko bangkrut. Saya beri contoh , sekelas perusahaan besar NOKIA, tidak mau berubah dan tidak menyusaikan dengan selera pasar, akhirnya juga bangkrut.

Terakhir Tidak berinvestasi, tidak menabung dan tidak punya dana darurat atau modal cadangan. Ya karena kita semua tidak tahu kejadian di masa depan, jadi jika terjadi kejadian yang buruk, kita sudah siap dengan dana cadangan, baik itu dana invest, dana tabungan atau memang modal cadagangan yang memang sudah anda persiapkan sebelumnya.

Nah ketujuh poin tersebut adalah kesalahan yang paling banyak di lakukan orang – orang atau perusahan yang akhirnya bangkrut. Jadi harapan saya hindari ketujuh poin tersebut.

Saya rasa itu dulu yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda, jika ingin konsultasi dengan saya bisa hubungi di nomor 0811307022 atau lewat Asisten saya Mas Adi di nomor 081139903990

Terimakasih, sampai jumpa dikesempatan selanjutnya, akhir kata jika ada kebenaran yang saya katakan, itu semata dari Tuhan YME, jika ada salah kata saya pribadi mohon maaf. Saya Abah Romdhoni.

Wassalamualaikum Wr. Wb