Cara Hidup Sukses dan Menjadi Kaya
Bill Gates

Hidup sukses dan memiliki kekayaan melimpah adalah keinginan hampir semua orang. Bagaimana tidak, orang yang sukses dan kaya cenderung lebih dihargai dan mendapatkan status sosial tinggidi kalangan masyarakat. Dengan kekayaan, hidup akan terasa lebih mudah. Merasa lebih bahagia dan hidup tanpa beban.

Apakah Anda ingin menjadi salah satu orang sukses dan kaya? Sebelumnya Anda harus tahu dulu bagaimana cara hidup suskes. Karena menurut beberapa penelitian, orang yang sukses cenderung mempunyai cara hidup yang berbeda dengan orang biasa. Ingin tahu bagaimana cara hidup sukses? Baca artikel ini sampai selesai.

Cara hidup sukses
1. Memiliki tujuan hidup yang jelas

Cara hidup sukses yang pertama yaitu memiliki tujuan hidup yang jelas. Hidup tanpa adanya tujuan bagaikan perahu kecil di tengah lautan yang terombang-ambing oleh ombak besar. Maksudnya, jika Anda hidup tanpa tujuan, maka Anda tidak akan tahu apa yang ingin Anda capai. Anda tidak tahu kemana dan apa yang harus Anda lakukan hari ini.

Dengan tujuan, Anda bisa mengevaluasi diri Anda. Apakah hari ini Anda sudah menjadi lebih baik? Apakah Anda sudah lebih dekat dengan tujuan Anda ataukah semakin jauh? Tujuan hidup yang jelas akan membantu Anda untuk mempercepat Anda menuju kesuksesan. Karena tujuan tersebut mengingatkan Anda disaat Anda terlena untuk mencoba hal lain yang tidak sejalur dengan tujuan Anda.

2. Lebih banyak belajar daripada melakukan hal tidak penting

Belajar dan terus belajar merupakan salah satu cara hidup sukses yang diterapkan oleh orang kaya. Mereka lebih memilih mengisi waktu dengan mempelajari hal bari dibandingkan dengan melakukan hal-hal yang tidak penting. Jadi tidak heran jika jarang ada orang kaya yang menghabiskan waktu mereka di depan televisi dan menonton acara yang tidak ada manfaatnya.

3. Hobi Membaca

Ingatkah Anda dengan uangkapan “Buku adalah jendela dunia”? Dengan membaca Anda bisa mengenal dunia. Yang dimaksud disini bukan membaca novel, komik, atau bacaan-bacaan ringan. Melainkan membaca buku yang bisa menambah wawasan Anda. Tapi jika novel, komik, dan semacamnya itu bisa menambah wawasan dan menjadikan Anda sukses, tidak masalah untuk dijadikan hobi. Karena bisa Anda jadikan sebagai sumber inspirasi.

4. Konsisten dan fokus dalam melakukan satu hal

Menjadi kaya dan sukses membutuhkan proses yang tidak sebentar dan tidak mudah. Membutuhkan konsistensi dan fokus yang tinggi agar untuk mencapainya. Kabanyakan orang biasa menyerah di tengah jalan karena merasa tidak sanggup menghadapi resiko yang ada. Disinilah ‘tujuan hidup yang jelas’ berperan, dengan adanya tujuan maka akan lebih mudah bagi Anda untuk konsisten dan fokus.

5. Menciptakan peluang bukan menunggu peluang

Orang biasa cenderung menunggu adanya kesempatan atau peluang, dan seringnya saat kesempatan tersebut datang malah mereka lewatkan. Jika Anda ingin cepat kaya dan menjadi sukses, maka jangan hanya menunggu peluang, melainkan ciptakan peluang tersebut. Orang kaya memulai semuanya dari nol, mereka bekerja keras untuk mendapatkan kekayaan tersebut. Tidak hanya berpangku tangan dan tiba-tiba menjadi kaya.

6. Suka tersenyum

Senyum merupakan ibadah, maka tersenyumlah kepada orang lain bahkan kepada yang tidak kita kenal sekalipun. Senyuman bisa membuat seseorang bahagia, menularkan kebahagian kepada orang lain. Dengan tersenyum, Anda bisa menambah teman, menentramkan hati dan pikiran. Tersenyum juga bisa menjadi semangat bagi diri Anda sendiri.

7. Mempunyai gaya hidup sehat

Cara hidup sukses tidak hanya masalah meningkatkan kualitas otak saja, fisik juga tetap harus dijaga. Apa jadinya jika Anda pintar tapi tidak sehat? Anda tidak akan bisa menjalankan aktivitas Anda dengan baik. Oleh karena itu, orang kaya sering meluangkan waktu untuk berolah raga, mempunyai gaya hidup sehat dengan tidak sering makan junk food atau makanan siap saji.

8. Tidak suka cara instan

Siapa sih yang tidak mau kaya dengan cepat dan instan? Tapi, perlu Anda ketahui, menjadi kaya dan sukses haruslah membutuhkan pengorbanan. Orang kaya melakukan segala upaya, bekerja siang malam, bekerja keras sehingga bisa mencapai ke tahap ini. Mereka lebih menyukai proses daripada hasil yang instan. Karena melalui proses, mereka menjadi lebih baik, lebih bijak.

Baca Juga: Doa murah rezeki dalam islam

9. Tidak suka mengeluh

Untuk mencapai kesuksesan tidaklah mudah, banyak resiko dann rintangan yang akan Anda hadapi. Kegagalan adalah hal yang biasa, yang perlu dilakukan bukanlah menyesali kegagalan melainkan kembali bangkit untuk menuju kesuksesan. Seperti yang dikatakan oleh Bill Gates, “Keberhasilan adalah guru yang buruk, karena mereka mengajarkan kepada orang sukses bahwa mereka tidak akan kalah”.

Kegagalan menunjukkan bahwa Anda masih harus belajar, dan proses belajar ini menjadikan Anda lebih tahu dan lebih baik dari sebelumnya. Sebaliknya, saat Anda terlena dengan keberhasilan, Anda menganggap sudah tahu semuanya, akhirnya Anda malas untuk belajar. Hal ini membuat kemampuan Anda akan ‘jalan di tempat’, tidak mengalami perkembangan.

10. Menghindari hutang

Saat ini hutang sudah menjadi hal umum di masyarakat, tidak hanya kalangan bawah tapi juga kalangan atas. Bedanya, orang kaya hutang untuk mengembangkan bisnis mereka, sehingga lebih besar peluang mereka untuk melunasi hutang. Sedagkan orang biasa cenderung hutang untuk membeli kebutuhan sehari-hari, atau membeli hal-hal yang tidak perlu. Sehingga hutang tersebut hanya mengurangi pendapatan, bukan menambah pendapatan.

Nah, itulah 10 cara hidup sukses yang perlu Anda terapkan dalam kehidupan Anda jika Anda ingin mengikuti jejak orang sukses.