Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam Sejahtera dan semoga hanya kebaikan yang selalu menyertai kita semua, amin. Pada kesempatan kali ini saya, Abah Romdhoni akan membahas cara menarik pembeli baru untuk bisnis atau usaha anda.

Dalam dunia bisnis, menemukan dan menarik pembeli baru dapat dikatakan sebagai tantangan tersendiri bagi pemilik atau pengelola bisnis. Bertambahnya jumlah pembeli baru merupakan indikator kemajuan bisnis anda dalam penetrasi pasar.

Untuk menarik pembeli baru sendiri terdapat beberapa langkah penting yang harus anda terapkan. Berikut adalah beberapa langkah penting tersebut.

Memaksimalkan Media Sosial Bisnis Anda

Cara pertama yang anda lakukan untuk menarik pembeli anda adalah dengan memaksimalkan media sosial anda. Mungkin sebagian dari anda pernah mendengar ungkapan “social media is powerful”, ungkapan ini bukanlah hanya sekedar isapan jempol.

Media sosial memiliki kemampuan untuk menjangkau banyak pembeli baru dan juga meningkatkan nilai kepercayaan dari suatu produk. Oleh karena itu, menggunakan dan memaksimalkan media sosial dari bisnis anda adalah pekerjaan rumah wajib yang harus dikerjakan.

Usahakanlah untuk meng-update konten di akun media sosial bisnis anda secara rutin setiap harinya. Pastikan juga bahwa anda memiliki jadwal post konten yang konsisten  dan gunakan hastag yang berkaitan dengan produk anda.

Jangan Lupakan Jaringan Dunia Nyata

Meskipun saat ini adalah era-nya melakukan promosi dan jualan online menggunakan internet, namun bukan berarti anda melupakan jaringan dunia nyata. Cobalah untuk menelusuri apakah pembeli yang membeli produk anda adalah pelanggan lama atau baru.

Metode ini dapat diterapkan melalui pelayanan ketika anda menemui pembeli anda secara langsung (contohnya saat pengantaran produk ke pembeli atau saat melayani di toko anda).

Jangan lupa juga untuk selalu membawa kartu nama bisnis, kemanapun anda pergi. Siapa tahu anda akan bertemu dengan calon pembeli yang akan membeli produk anda dalam jumlah besar dalam suatu waktu.

Mengadakan Giveaway atau Diskon

Pemberian giveaway atau diskon adalah salah satu hal yang sangat disenangi oleh calon pembeli. Dengan mengadakan giveaway atau memberikan diskon, anda akan dapat menjaring banyak calon pembeli baru dan juga sekaligus mempertahankan pembeli lama di bisnis anda.

Cobalah untuk mengadakan giveaway atau pemberian diskon untuk beberapa produk tertentu dari bisnis anda.

Anda dapat menggunakan momen-momen tertentu seperti hari raya natal atau idul fitri, HUT RI ataupun anniversary bisnis anda untuk mengadakan giveaway atau diskon ini melalui akun media sosial bisnis anda.

Jangan lupa juga untuk menggunakan caption menarik untuk promosi agar penawaran giveaway atau diskon yang anda adakan dapat menarik perhatian calon pembeli.

Gunakan Strategi Marketing Yang Berbeda

Seorang pebisnis handal tidak akan hanya terpaku pada satu strategi pemasaran saja, hal tersebut adalah salah satu hal perlu anda ketahui. Menerapkan strategi marketing yang berbeda-beda akan memungkin anda menjangkau segmen pasar lainnya.

Tidak hanya menggunakan menggunakan iklan di media sosial, anda juga dapat mencoba menjangkau calon pembeli produk anda melalui strategi email marketing dengan mengirimkan newsletter terkait penawaran menarik terkait produk anda.

Temukan Rekan Bisnis

Jika anda ingin mengembangkan bisnis anda ke tahap selanjutnya dan ingin menarik calon pembeli baru, maka membangun kemitraan bisnis adalah salah satu pilihan yang dapat anda pertimbangkan.

Fenomena kemitraan atau kerjasama sendiri merupakan fenomena yang cukup sering terjadi di dunia bisnis. Saat kedua perusahaan/bisnis bekerja sama untuk mengiklankan suatu produk, maka, jangkauan pasar akan menjadi lebih luas.

Temukanlah rekan bisnis yang dapat dipercaya dan dapat membantu bisnis anda, terutama dalam hal pemasaran produk.

Itulah sekilas pembahasan mengenai cara menarik pembeli baru untuk bisnis anda. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk Anda semua, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.