“Dan tidaklah yang melata di muka bumi ini melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya” (QS. Hud : 6)

Cara Menjadi Kaya Menurut IslamBanyak orang mengeluh bahwa Allah tidak adil hanya karena mereka merasa ditakdirkan hidup dalam kemiskinan. Padahal sejatinya manusia pun bisa mengubah ‘takdir’ Allah, asalkan mau berusaha dan selalu berdoa. Rezeki Allah sangatlah luas, seluas dunia ini dan sedalam lautan. Bagi siapapun yang mau melangkahkan kaki, berusaha keras dan berdoa kepada-Nya, maka tidak ada yang tidak mungkin untuk didapatkan. Namun, sayangnya banyak yang terlalu malas untuk melakukannya dan hanya pasrah sebelum mencoba. Mereka lebih memilih menyalahkan Tuhan daripada berusaha merubah hidup.

Manusia yang seperti ini akan memudahkan kerja setan untuk merasuki dan menggoyahkan imannya. Berbagai pikiran negatifpun akan muncul, yang penting bisa mendapatkan banyak uanng dengan cepat, tidak peduli cara tersebut halal atau tidak. Tindakan pencurian, perampokan, korupsi, bahkan sampai pesugihan hitam pun akan dilakukan. Tidak peduli apakah yang dilakukan merugikan orang lain dan menyimpang dari ajaran agama. Selama bisa mendapatkan banyak uang, maka cara kotorpun tidak masalah. Na’udzubillahi min dalik.

Bagi Anda yang saat ini sedang dilanda masalah keuangan, jangan sampai Anda melakukan hal-hal seperti di atas. Memang Anda bisa mendapatkan banyak uang, tapi nantinya akan ada banyak penyesalan di masa depan. Semua perbuatan tersebut memalukan, merugikan orang lain, dan menyimpang dari ajaran agama. Tenangkan pikiran Anda, masih ada banyak cara halal yang bisa Anda tempuh.

Sebanyak apapu kekayaan Anda jika tidak didapatkan dengan cara yang halal maka tidak akan membawa berkah. Harta yang tidak berkah tidak akan bertahan lama, Anda hanya akan merasa kurang dan kurang, harta tersebut akan habis dengan sendirinya tanpa Anda tahu kemana perginya. Berbeda dengan harta yang di dapatkan dengan cara yang halal. Anda beberapa cara menjadi kaya menurut islam, yang membuat Anda kaya dan merasakan berkah dari kekayaan tersebut.

Inilah cara menjadi kaya menurut islam:
1. Mencari rezeki yang halal

Cara menjadi kaya yang pertama , yaitu mencari rezeki yang halal. Rezeki yang halal akan membawa keberkahan dalam hidup Anda. Menjadikan hidup Anda lebih damai dan tentram, serta penuh rasa syukur. Rezeki yang halal didapatkan dari cara-cara yang halal juga. Anda harus bisa membedakan mana cara yang halal dan tidak. Misalkan Anda saat ini mencari rezeki dengan cara berdagang. Berdagang memang tidak dilarang oleh agama, Rasulullah pun berdagang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tapi, adakalanya berdagang dilarang oleh agama. Yaitu berdagang barang-barag haram, cara bertransaksi yang menipu pembeli, atau menjual barang dengan harga yang tidak sesuai dengan manfaatnya. Rezeki yang diperoleh dengan cara yang tidak halal hanya akan mendatangkan masalah di masa depan.

2. Menjaga tali silaturrahmi

“Siapa yang suka untuk diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah ia menyambung tali silaturrahmi.” (HR. Bukhari 5986 & Muslim 2557)

Dari hadits tersebut menjelaskan bahwa seseorang yang menyambung silaturrahmi akan dipanjangkan umurnya dan diluaskan rezekinya oleh Allah. Allah akan memberikan keberkahan pada umur, menganugerahkan kekuatan pada diri, dan kejernihan pada akal orang yang menyambung tali silaturrahmi. Sehingga kehidupannya penuh dengan amalan-amalan utama yang bermanfaat bagi dirinya di dunia dan di akhirat.

3. Bekerja dengan hati yang ikhlas

Jika Anda ingin mendapatkan rezeki yang halal dan penuh berkah, maka lakukanlah pekerjaan Anda dengan ikhlas. Biasanya seseorang yang bekerja seharian penuh akan pulang ke rumah dengan muka masam dan sangat lelah. Entah karena banyaknya tugas atau ada banyak hal yang menyebalkan di kantor. Hal ini sebenarnya terjadi karena kita melakukan pekerjaan kita dengan terpaksa. Sebaliknya, jika Anda melakukannya dengan ikhlas, maka pekerjaan seberat apapun pasti akan terasa ringan. Meskipun raga tetap merasa lelah, tapi hati masih tenang dan tentram. Pikiran masih terasa jernih.

4. Bertaubat dari segala dosa

Manusia tidak pernah lepas dari yang namanya dosa, baik dosa kecil maupun dosa besar. Anda sadari atau tidak, pasti Anda pernah melakukan perbuatan yang menimbulkan dosa. Jika Anda menyadari kesalahan Anda dan merasa berdosa, maka segeralah untuk taubat kepada Allah, meminta ampun kepada-Nya. Pintu taubat Allah begitu luasnya bagi manusia yang mau kembali ke jalan yang benar.

Jika Anda bertaubat dan kembali ke jalan yang benar, maka dengan kuasaNya pintu rezeki Anda juga akan terbuka lebar. Anda akan dimudahkan dari segala urusan duniawi. Karena segala hal yang ada di dunia ini adalah milikNya. Segala sesuatu bisa terjadi atas kehendakNya.

5. Jangan lupa akan zakat dan sedekah

Banyak orang yang masih belum percaya akan cara menjadi kaya dengan bersedekah dan zakat. Perlu Anda ketahui, di dalam harta yang kita miliki terdapat hak orang lain. Sudah sepantasnya kita menyisihkan sebagian harta kita untuk diberikan kepada orang lain yang membutuhkan. Zakat dan sedekah selain bisa meringankan beban orang lain, juga bisa menjadi cara untuk membersihkan harta kita.Harta yang bersih akan penuh berkah, bersifat langgeng.

Buktinya, Warren Buffet, dia adalah seorang pengusaha kaya. Hidupnya digunakan untuk mencari kekayaan, investasi dimana-mana, kemudian menyumbangkan kekayaannya kepada orang yang membutuhkan, sedangkan ia hanya menggunakan seperlunya. Dan Warren tidak jatuh miskin karena menyumbangkan banyak hartanya, justru ia menjadi semakin kaya.

6. Selalu bersyukur atas segala nikmat dari Allah

Cara menjadi kaya selanjutnya yaitu dengan bersyukur atas nikmat dari Allah. Pasti Anda pernah menemui seseorang yang sudah hidup berkecukupan tapi masih tetap mengeluh, merasa iri dengan orang yang lebih kaya darinya? Ini menandakan bahwa orang tersebut tidak tahu bagaimana caranya bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah kepadanya.

Nikmat berupa kesehatan, keutuhan organ tubuh, fisik yang lengkap, oksigen yang bisa dihirup setiap detiknya, dan masih banyak lagi. Orang-orang bagaikan lupa ingatan saat membicarakan tentang uang dan harta. Bahkan sampai ada yang meganggap Tuhan tidak adil.

7. Menggunakan sarana

Sarana disini adalah sarana mendapatkan kekayaan tapi yang diperbolehkan dalam agama atau tidak menyimpang dari ajaran agama. Seperti dengan menggunakan uang asmak. Uang Asmak adalah uang (dalam hal ini berupa selembaran kertas) yang telah diisi oleh bacaan-bacaan doa dengan cara tertentu. Uang Asmak dipercaya dapat menarik uang-uang lain atau mendatangkan lebih banyak uang dan dapat memperlancar perjalanan karir Anda.

Sebagian orang masih merasa tabu menggunakan uang asmak ini, khawatir jika termasuk perbuatan syirik. Padahal selama Anda menganggap uang asmak ini hanyalah sebatas media saja dan tetap meyakini bahwa Allah lah yang berkuasa memberikan segala sesuatu, maka sah-sah saja menggunakannya.

Uang Asmak bisa menjadi salah satu alternatif cara menjadi kaya yang tepat. Dalam penggunaannya Anda tidak perlu melakukan serangkaian ritual atau apapun yang identik dengan pesugihan. Karena memang dalam Uang Asmak ini tidak ada hubungannya dengan makhluk gaib, baik jin atau setan. Semuanya murni dari doa dan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa.

Itulah ke enam cara menjadi kaya menurut islam yang bisa Anda praktikkan dalam kehidupan Anda. Hal ini lebih baik daripada Anda melakukan hal-hal yang sekiranya malah merugikan diri sendiri dan orang lain, yang hanya akan menimbulkan penyesalan di masa depan.