Cara Sukses dengan CepatSemua orang pasti ingin menjadi sukses dengan cepat, untuk itu banyak orang yang mencari berbagai cara sukses dengan membaca buku, internet, mengikuti seminar, dan sebagainya. Sukses memang bukanlah hal yang mudah, karena sukses membutuhkan banyak pengorbanan. Namun, sukses juga tidak sesulit yang Anda pikirkan, buktinya banyak orang yang sudah merasakan kesuksesan.

Sukses memiliki indikator yang berbeda-beda dari setiap manusia. Ada yang menganggap dia sukses jika sudah bisa membahagiakan kedua orangtua dan keluarganya, ada juga yang menganggap kesuksesan ia capai jika dia mempunyai banyak uang dan harta. Apapun alasannya, setiap orang pasti ingin sukses, termasuk Anda yang saat ini sedang membaca artikel ini.

Nah, bagaimana cara sukses dengan cepat? Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan Anda, jika Anda ingin sukses dengan cepat.

5 Cara Sukses dengan Cepat
#1. Lakukan semua hal dengan cepat

Masih ingat dengan pepatah Jawa yang mengatakan, “alon-alon asal kelakon (pelan-pelan asal terlaksana” ? Pepatah tersebut tidak cocok untuk Anda yang ingin sukses dengan cepat. Pasalnya, jika Anda melaksanakan semua hal dengan lambat asal terlaksana maka tidak menutup kemungkinan kesuksesan akan direbut oleh orang lain yang bertindak lebih cepat.

Cara suskes yang pertama adalah melakukan segalanya dengan cepat, mulai dari berpikir, bertindak, mengambil keputusan, sampai bangkit kembali dari kegagalan. Lakukan semuanya dengan cepat, tapi jangan gegabah. Anda juga harus berpikir secara cermat, untuk meminimalisir kesalahan.

Ada dua hal yang menyebabkan manusia gagal, yaitu terlalu lama berpikir tanpa bertindak, dan bertindak tanpa dipikirkan terlebih dahulu. Jadi, lakukan semuanya dengan cepat, namun dengan pertimbangan yang cermat.

#2. Semua bisnis tidak harus dimulai dari NOL

Ada anggapan bahwa, “Bisnis itu harus dimulai dari NOL”. Padahal logikanya, saat Anda memulai bisnis dari nol tentunya akan lebih susah dibandingkan melanjutkan bisnis yang sudah ada. Anda bisa menggunakan cara-cara yang sudah digunakan oleh orang lain dan terbukti berhasil. Tidak ada waktu lagi untuk Anda melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak perlu.

Contoh, Yasa Singgih, pengusaha muda yang mempunyai penghasilan 90 juta saat usia 19 tahun. Dia memulai bisnisnya dengan menjualkan kaos dari pedagang lain. Semakin lama semakin banyak pelanggannya, kemudian dia baru membuat brand sendiri dengan nama Man’s Republic.

Bayangkan jika saat itu Yasa menjual kaos dengan brand sendiri? Pastinya akan sulit untuk mendapatkan pelanggan. Karena orang hanya akan membeli produk yang sudah terbukti kualitasnya, sudah banyak yang menggunakan produk tersebut.

#3. Bisnis tidak harus dengan modal besar

Alasan klasik saat seseorang ditanya mengapa tidak mencoba berbisnis adalah “tidak punya modal”. Dan modal yang dimaksud mereka adalah modal materi atau uang. Padahal hampir rata-rata orang sukses, mereka berasal dari kalangan orang yang tidak punya. Buktinya mereka bisa kaya dan sukses. Untuk mencapai kesuksesan tidak dibutuhkan banyak modal materi, tetapi modal tekad dan usaha.

Misalnya Anda ingin berjualan pakaian. Anda tidak perlu membangun atau menyewa toko sendiri dan mempunyai banyak stok pakaian. Karena itu pastinya membutuhkan banyak uang, padahal tujuan Anda berbisnis adalah untuk mencari uang. Anda bisa memulainya dengan membeli berapa lusin baju untuk dijual kembali, atau kadang ada penjual yang mau diajak kerjasama yaitu bisa mengembalikan barang yang tidak laku jual. Lalu Anda tawarkan pada beberapa kenalan Anda. Jika memang sudah banyak orang mengenal Anda, baru Anda membuat brand dan toko sendiri.

Apalagi di jaman yang sudah modern seperti sekarang, teknologi sudah canggih. Tanpa mempunyai toko dan barang, Anda sudah bisa menjual produk dengan brand Anda sendiri. Yaitu dengan menjadi seorang dropshipper. Jadi, seorang dropshipper bekerja sama dengan pemilik bisnis online, menjualkan produk dari toko online tersebut dengan cara memasang foto produk dan promosi di akun media sosial miliknya. Jika ada pembeli, dropshipper akan menghubungi toko online untuk melakukan pemesanan produk. Nah, masalah pengepakan dan pengiriman barang dilakukan oleh pemilik toko online tersebut. Dropshipper mendapatkan keuntungan dari menaikkan harga produk.

#4. Meniru orang sukses

Cara sukses berikutnya yaitu dengan cara meniru orang yang sukses. Seorang pengusaha suskes bernama Tony Robbins, pernah berkata, “Jika Anda ingin menjadi orang sukses, temuka seseorang yang sudah mencapai hasil yang Anda inginkan, dan tiru apa yang mereka lakukan, maka Anda akan mendapatkan hasil yang sama”. Meniru tingkah laku dan cara berpikir orang sukses agar Anda bisa mendapatkan kesuksesan seperti mereka.

#5. Berdoa kepada Tuhan

Anda melakukan cara sukses apapun jika tidak diridhoi oleh Tuhan, maka Anda tidak akan bisa mencapai kesuksesan. Oleh karena itu, selain melakukan usaha-usaha seperti di atas, selalu imbangi dengan berdoa kepada Tuhan. Ikhtiyar kemudian tawakkal. Segala sesuatu yang ada di dunia ini hanya akan terjadi atas kehendak Tuhan.

Bagi Anda yang beragama muslim, bisa dengan rajin sholat wajib maupun sholat sunnah, rajin berpuasa, dan sebagainya. Bagi Anda yang non muslim bisa melakukan sesuai dengan kepercayaan Anda. Seimbang antara usaha lahir dan usaha batin akan mempercepat Anda mencapai kesuksesan.

Itulah ke 5 cara sukses dengan cepat. Semoga bermanfaat untuk Anda.