Cara Sukses di Usia MudaUmumnya, anak muda menghabiskan masa muda mereka hanya untuk bersenang-senang, menikmati hidup mumpung masih muda. Mereka enggan bekerja keras dan belajar. Mereka berpikir jika menjadi sukses dan kaya adalah urusan belakangan, saat usia sudah mulai tua.

Padahal menjadi kaya dan sukses membutuhkan waktu yang tidak singkat. Pengorbanan yang dilakukakan juga tidak sedikit. Bagi Anda yang saat ini masih muda, gunakanlah waktu Anda dengan sebaik-baiknya. Sukses dan kaya bukan hanya akan dicapai oleh orang tua. Karena saat ini pun banyak para pemuda yang sukses dan kaya. Berikut ini ada 10 cara yang bisa Anda terapkan agar bisa mengikuti jejak orang sukses di usia muda.

10 Cara Sukses di Usia Muda

#1. Mulai tetapkan tujuan

Cara suskes di usia muda yang pertama yaitu Anda harus memiliki tujuan yang jelas. Hal ini akan membantu Anda untuk menemukan langkah yang tepat agar lebih cepat menuju kesuksesan. Setiap pekerjaan harus Anda lakukan dengan serius dan kerja keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

#2. Ambil peluang yang ada

Kebanyakan orang menunggu akan datangnya peluang, namun saat peluang tersebut datang mereka justru mengabaikannya. Pepatah mengatakan “kesempatan tidak akan datang dua kali”, padahal sebenarnya kesempatan datang berkali-kali, hanya saja kita yang tidak menghiraukannya. Jika Anda ingin sukses di usia muda, sebaiknya harus jeli dalam melihat peluang. Lebih baik lagi jika Anda menciptakan peluang, bukan hanya menunggu datangnya peluang.

Karena orang kaya, mereka menciptakan peluang. Sedangkan orang biasa, mereka hanya menunggu peluang. Pahami dan ikuti jejak orang kaya, maka Anda juga akan bisa menjadi kaya di usia muda.

#3. Bekerja keras

Marry Riana, seorang pengusaha muda yang memiliki penghasilan sebesar Rp. 7 milyar saat usianya baru 31tahun. Dia pernah berkata, “Jika Anda ingin mencapai tujuan yang sangat besar, Anda harus belajar untuk jatuh cinta pada kerja keras”. Salah satu cara sukses di usia muda adalah dengan bekerja keras. Karena sukses membutuhkan pengorbanan dan perjuangan yang tidak sebentar.

Anda harus siap untuk jatuh dan kemudian bangkit lagi. Memaksa tubuh dan pikiran Anda untuk selalu bekerja. Seperti kata Yasa Singgih, remaja yang berpenghasilan puluhan juta, “Lebih baik kehilangan masa muda, daripada kehilangan masa depan”.

#4. Sisihkan 25% dari pendapatanmu

Ingin kaya di usia muda? Jangan lupa sisihkan 25% dari pendapatan Anda. Nantinya bisa Anda gunakan untuk ditabung atau diinvestasikan. Memang menyisihkan pendapatan tidaklah mudah, karena selalu ada saja kebutuhan yang mengharuskan Anda mengeluarkan uang Anda. Untuk mengatasinya, sebaiknya saat hari pertama gajian, ambil sedikit bagian dari pendapatan Anda. Anggap saja uang tersebut adalah uang mati.

Misalkan pendapatan Anda 2 juta perbulan, Anda bisa mengambil sekitar 500 ribu di hari pertama gajian sebelum Anda gunakan untuk berbelanja keperluan sehari-hari dan untuk membeli yang lain. Anggap saja Anda mendapatkan gaji 1,5 juta perbulan. Jadi bagaimanapun caranya Anda harus bisa memenuhi kebutuhan Anda dengan gaji tersebut.

Dengan menerapkan cara ini, tidak akan ada alasan lagi “tidak bisa menabung karena gaji terlanjur habis untuk membeli kebutuhan sehari-hari”. Dari menabung dan investasi, Anda akan menghasilkan uang lebih banyak lagi. Inilah yang akan menjadikan Anda sukses di usia muda.

#5. Mulailah berinvestasi

Investasi merupakan salah satu cara sukses di usia muda. Mulailah untuk investasi dari sekarang, jangan ditunda-tunda. Salah seorang pengusaha terkaya di dunia yang bernama Warren Buffett berkata, “Saya menyesal mulai berinvestasi di usia 25 tahun. Seharusnya saya mulai berinvestasi di usia lebih muda lagi.”

#6. Jangan takut ambil resiko

Orang sukses bukannya tidak memiliki rasa takut dengan resiko yang ada, hanya saja mereka selalu menghadapinya. Karena orang sukses lebih besar daripada masalah mereka. Mereka tidak akan menyerah meski gagal berkali-kali. Selalu yakin bahwa kegagalan merupakan proses menuju keberhasilan. Orang sukses hanya akan mengambil sisi positif dari kegagalan tersebut, dan lebih cepat bangkit untuk mencapai kesuksesan.

Contoh, seorang pengusaha muda asal Thailand bernama Top Ittipat. Top adalah seorang pengusaha snack rumput laut. Sebelum sukses di bisnis rumput laut, Top mengalami kegagalan berkali-kali. Mulai dari ditipu oleh penjual DVD palyer bajakan, tidak diberi izin berjualan kacang di mall dengan alasan asap gorengan kacang mengakibatkan langit-langit mall kotor, bahkan saat itu semua harta ayah Top disita oleh bank. Tapi itu semua tidak membuatnya menyerah. Justru hal ini dijadikan sebagai penyemangat Top untuk membuktikan kepada ayahnya bahwa dia bisa sukses dan membayar semua hutang ayahnya kepada bank.

#7. Jangan mudah tergiur dengan teknologi baru

Biasanya masalah anak muda yaitu mudah terpengaruh oleh perubahan zaman. Baik mode, teknologi, gaya hidup, dan sebagainya. Memang tidak ada salahnya jika Anda ingin mengikuti perkembangan zaman, tapi bukan berarti Anda harus terbawa arus. Apalagi saat ini teknologi berkembang semakin pesat. Anak muda seringkali gonta-ganti gadget hanya karena ingin mengikuti trend. Tanpa sadar kebiasaan mengikuti trend ini mengakibatkan gaya hidup yang boros. Ponsel yang lama masih bagus tapi ingin membeli yang baru dengan alasan sudah ketinggalan zaman.

Mereka yang bisa suskes di usia muda tidak terpengaruh dengan adanya perubahan trend. Justru mereka yang menciptakan trend tersebut. Ingat, teknologi bukan menciptakan manusia, melainkan manusia yang menciptakan teknologi.

#8. Jangan takut hidup susah

Salah satu cara sukses di usia muda yaitu jangan pernah takut untuk hidup susah. Perlu Anda ketahui bahwa semua orang sukses mengawali kesuksesannya dari NOL. Kesuksesan juga butuh proses dan pengorbanan tentunya. Banyak juga orang sukses yang awalnya hidup pas-pasan bahkan kekurangan. Meski kekurangan materi, bukan berarti mereka kekurangan semangat dan masih banyak akal.

Selalu semangat dan berpikiran positif ingin maju itulah yang membuat mereka menjadi orang sukses. Tidak masalah jika Anda kehilangan masa muda untuk bekerja keras, daripada harus bersusah payah di hari tua nanti.

#9. Bekerja sesuai hobi

Bagaimana cara sukses di usia muda? Para pengusaha sukses selalu melakukan pekerjaan sesuai dengan hobi. Pada saat melakukan hobi, pasti Anda merasa bahagia, santai, dan tidak merasa tertekan. Sehingga hasilnya juga lebih maksimal dibandingkan saat Anda melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan hobi Anda.

#10. Jangan lupa bersedekah

Warren Buffet selain dikenal sebagai orang yang kaya raya, dia juga dikenal sebagai orang yang dermawan. Pada tahun 2006, dia menyumbangkan hartanya sebesar USD 37 milyar kepada Bill Gates Foundation. Warren Buffett dalam salah satu interviewnya pernah berkata, “….. jadilah investor jangka panjang, nikmatilah hasil investasi tersebut secukupnya. Sisanya berikan kepada orang lain yang membutuhkan.”

Itulah 10 cara sukses di usia muda yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan Anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.