Ini Dia 10 Rahasia SuksesSemua orang di dunia ini pasti ingin sukses, tapi hanya sebagian saja yang benar-benar berusaha untuk mencapainya, selebihnya hanya sebatas ‘ingin’ saja. Untuk mencapai kesuksesan tidaklah mudah, membutuhkan segala upaya dan waktu yang tidak singkat agar bisa mencapai kesuksesan. Orang-orang yang mampu mencapai kesuksesan adalah orang-orang yang mempunyai semangat tinggi, tekun, telaten, dan tidak mudah putus asa saat mengalami kegagalan.

Sukses tidak datang karena faktor bakat atau keberuntungan semata. Semua orang bisa sukses asal mengetahui bagaimana rahasia sukses. Anda bisa mempelajari dan meniru tindakan dari orang-orang sukses sehingga Anda juga bisa mencapai kesuksesan tersebut.

10 Rahasia Sukses
1. Lakukan pekerjaan sesuai dengan hobi Anda

Tony Robbins mengungkapkan, “Sukses adalah melakukan apa yang Anda inginkan, saat Anda ingin, dimanapun Anda ingin, dengan siapapun yang Anda inginkan, sebanyak yang Anda inginkan”.

Melakukan pekerjaan sesuai dengan hobi Anda akan memudahkan Anda mendapatkan hasil yang maksimal dibandingkan dengan melakukan perkerjaan yang tidak Anda suka. Anda tidak akan menyadari telah menghabiskan waktu berjam-jam saat melakukan apa yang Anda suka, Anda menjalaninya dengan senang hati.

Pekerjaan yang sesuai dengan hobi juga akan membuat Anda terus menerus belajar tentang hal tersebut. Berbeda jika Anda melakukan apa yang tidak Anda suka, Anda akan berusaha menyelesaikannya secepat mungkin, dengan hasil yang kurang maksimal. Meskipun Anda mau belajar lebih dalam, itu hanya karena tuntutan saja, dan Anda tidak akan merasa nyaman.

2. Kenali diri Anda

Rahasia sukses paling utama adalah Anda harus mengenali diri Anda terlebih dahulu. Ada sebuah ungkapan ‘menangkan dirimu sendiri, baru kau akan memenangkan dunia’. Lawan yang paling sulit adalah diri sendiri, Anda harus mengalahkan rasa takut, malas, minder, patah semangat, dan segala hal buruk dalam diri Anda.

Jangan berfokus pada kelemahan yang Anda miliki, fokuslah pada kelebihan Anda. Seringkali orang lupa akan hal ini, yang membuat mereka lebih mudah untuk patah semangat dan rendah diri. Tuhan menciptakan setiap manusia dengan wajah yang berbeda-beda, pastilah kemampuannya berbeda pula. Belum tentu orang lain mempunyai kelebihan seperti yang ada dalam diri Anda.

Saat Anda sudah mengenal baik seperti apa diri Anda yang sebenarnya, mengetahu kelemahan dan kelebihan Anda. Maka Anda bisa mengendalikan semua kelemahan Anda dan mencoba fokus pada kelebihan. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah untuk mencapai kesuksesan.

3. Mencintai proses

Setiap kesuksesan pasti harus melewati yang namanya proses, tidak ada sukses yang instan. Sejatinya, kesuksesan adalah hak setiap orang, tapi mengapa masih banyak orang yang belum sukses di usia senja padahal  ada orang yang sudah sukses di masa remaja? Semua bergantung pada prosesnya, apakah mereka bersungguh-sungguh atau malah malas-malasa.

Proses mengajarkan Anda banyak hal, tentang bagaimana rasanya sakit saat terjatuh, merasa putus asa saat mengalami kegagalan, tumbuhnya semangat untuk bangkit dari kegagalan. Proses jatuh bangun mencapai kesuksesan akan menjadikan Anda pribadi yang lebih kuat dari sebelumnya. Anda tidak akan mudah menyerah dalam keadaan apapun. Seperti halnya tanah yang terkena air hujan berkali kali dan terkena panasnya matahari. Membuatnya menjadi tanah yang subur dan bisa menumbuhkan berbagai tanaman.

4. Selalu berpikir positif

Perlu Anda ketahui, apa yang Anda pikirkan akan mempengaruhi akan menjadi apa Anda nanti. Bagaimana cara Anda berpikir akan menentukan cara Anda dalam bertindak, dan cara bertindak menentukan cara orang lain bersikap kepada Anda. Semakin Anda menghargai diri sendiri, maka orang juga akan semakin menghargai Anda.

Percayalah pada diri Anda bahwa Anda bisa mencapai kesuksesan, mungkin bukan untuk sekarang tapi pasti ada saat dimana Anda akan sukses. Dengan memiliki keyakinan dan tekad yang kuat maka suatu saat Anda akan mencapai kesuksesan tersebut.

5. Jangan banyak alasan untuk menunda sukses

Rahasia sukses berikutnya adalah jangan banyak alasan untuk suskes. Jika saat ini Anda belum sukses, jangan pernah mencari-cari alasan untuk menutupinya. Orang lain tidak membutuhkan alasan yang Anda berikan. Yang mereka butuhkan hanyalah bukti kesuksesan Anda. Jadi, jangan banyak alasan, bertindak dan mengambil keputusan dengan cepat sehingga akan lebih cepat pula untuk mencapai kesuksesan. Karena orang sukses tidak pernah mencari alasan.

6. Jangan berhenti belajar

Salah satu rahasia sukses adalah selalu belajar dimanapun dan kapanpun, sampai ajal menjemput. Karena orang yang sukses dibidang apapun itu adalah orang-orang yang selalu belajar untuk mengembangkan diri mereka. Orang sukses sering meluangkan waktu untuk membaca buku, mendengarkan acara pengembangan diri, mengikuti berbagai pelatihan dan seminar.

Contoh perusahaan Apple, Samsung, Oppo, dan masih banyak merk smartphone lainnya. Mereka berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik, menemukan teknologi yang lebih maju dari lainnya agar tidak kalah saing. Orang awam menganggap teknologi Apple sudah sangat canggih, namun tidak untuk Steve Job. Dia masih terus belajar untuk menemukan teknologi yang lebih canggih lagi.

7. Mampu mengalahkan rasa takut

Jika Anda membiarkan rasa takut maka rasa takut tersebut akan tumbuh semakin kuat dalam diri Anda. Jangan biarkan rasa takut menguasai diri Anda. Rahasia sukses adalah dapat mengalahkan rasa takut. Setiap orang pasti memiliki rasa takut akan suatu hal, namun bukan berarti harus menghindarinya.

B.J. Habibie pernah berkata, “Seseorang yang dikatakan pemberani bukanlah orang yang tidak memiliki rasa takut, melainkan orang yang dapat melawan rasa takut tersebut”.

Hancurkan rasa takut dengan tindakan gagah berani. Mana yang anda inginkan? Bersikap berani berarti bertindak meskipun merasa takut ataukah bersikap lari dari rasa takut seperti pengecut?

8. Kesukesan berawal dari langkah kecil

Tidak ada sukses yang instan atau cepat, seperti ungkapan ‘langkah ke 100 berawal dari langkah pertama’. Bangun kesuksesan Anda dari langkah kecil, tidak perlu melakukan hal yang muluk-muluk. Yang harus Anda lakukan hanyalah selalu melangkah setiap harinya, mengembangkan diri menjadi lebih baik, dan terus belajar. Maka akan mudah untuk mencapai kesuksesan.

9. Miliki harapan akan masa depan

Harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan memang sangat menyakitkan, terkadang membuat orang patah semangat. Namun, selama Anda memiliki sebuah harapan maka Anda akan melakukan hal-hal positif dengan tujuan mencapai harapan tersebut. Berbeda jika Anda sama sekali tidak mempunyai harapan, tidak ada yang ingin Anda capai sehingga hidup Anda biasa saja, mengikuti takdir Tuhan tanpa mau melakukan perubahan.

10. Bangkit dari keterpurukan

Rahasia sukses yang terakhir yaitu apabila Anda gagal cepatlah untuk bangkit dari keterpurukan Anda. Jangan sampai Anda bersedih dan menyesal terlalu lama, karena hanya akan menghasbiskan waktu Anda. Orang biasa yang mengalami keterpurukan maka akan mudah terjebak dalam keterpurukan tersebut. Akan tetapi, orang yang ingin sukses, mereka memang merasa sedih akan kegagalan tapi lebih cepat bangkit, mengambil tindakan yang bisa membuat mereka sukses kembali.

Selain ke 10 rahasia sukses di atas, ada satu rahasia sukses yang perlu Anda ketahui, yaitu selalu ingat kepada Tuhan. Sekeras apapun Anda berusaha mencapai kesuksesan tapi jika Tuhan tidak menghendakinya, maka akan sia-sia saja. Jagalah keseimbangan antara usaha lahir dan usaha batin. Seimbangkan antara urusan dunia dan urusan akhirat, maka Anda akan mendapatkan kesuksesan tidak hanya di dunia namun juga di akhirat kelak.