“Dan janganlah kamu takut pada kemiskinan karena membelanjakan harta kepada Allah” (QS. Al-Baqarah: 245)

Inilah 10 Keutamaan SedekahTahukah Anda akan Bill Gates? Dia adalah salah satu orang terkaya di dunia yang menyumbangkan sebagian besar hartanya ke Bill Gates Foundation, sebuah yayasan sosial untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Selain Bill Gates, ada yang lainnya seperti Mark Zuckerberg (pemilik Facebook), Warren Buffet, Muhammad Ali, dan masih banyak lagi yang memberikan sebagian besar kekayaan mereka untuk kepentingan sosial. Mereka bersedekah bukan karena mereka kaya, melainkan karena bersedekah membuat mereka kaya.

Rasulullah (S.A.W.) pernah bersabda bahwa harta seseorang tidak akan berkurang karena disedekahkan:
“Ada tiga perkara yang saya bersumpah atasnya dan saya memberitahukan kepadamu semua akan suatu Hadits, maka peliharalah itu: Tidaklah harta seseorang itu akan menjadi berkurang sebab disedekahkan, tidaklah seseorang hamba dianiaya dengan suatu penganiayaan dan ia bersabar dalam menderitanya, melainkan Allah menambahkan kemuliaan padanya, juga tidaklah seseorang hamba itu membuka pintu permintaan, melainkan Allah membuka untuknya pintu kemiskinan,” (H.R. Tirmidzi, dari Abu Kabsyah, yaitu Umar bin Sa’ad al-Anmari r.a.).

Sebenarnya ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dengan bersedekah. Berikut ini ada 10 keutamaan sedekah.

10 Keutamaan Sedekah
#1. Mendapatkan pahala yang berlipat dari Allah SWT

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak”. (QS. Al-Hadid: 18)

Ayat di atas menjelaskan kepada kita bahwa bagi Anda yang ingin mendapatkan rezeki yang berlipat ganda, maka sebaiknya bersedekahlah. Karena Allah berjanji akan melipatgandakan rezeki bagi mereka yang suka bersedekah.

#2. Sedekah menjadi penghapus dosa

Allah berjanji akan menghapus dosa-dosa orang yang mau bersedekah. Namun, perlu Anda perhatikan, sedekah yang dimaksud disini adalah sedekah yang disertai dengan taubat nasuha. Yaitu taubat dengan memohon ampun kepada Allah dan berjanji tidak mengulangi dosa tersebut. Jadi, misalkan ada seorang pejabat korupsi, lalu dia bersedekah tapi di lain waktu dia korupsi lagi, sedekah tidak bisa menghapus dosanya karena tidak disertai dengan penyesalan.

#3. Disediakan pintu surga khusus bagi mereka yang suka bersedekah

Keutamaan sedekah berikutnya yaitu Anda yang gemar bersedekah akan disediakan pintu surga khusus. Hal ini sesuai dengan hadist berikut, “Orang yang menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu pintu surga: ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan’ Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan sholat, ia dipanggil dari pintu sholat. Yang berasal dari kalangan Mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad. Jika ia berasal dari golongan orang yang gemar bersedekah, maka akan dipanggil dari pintu sedekah”. (HR. Bukhori – Muslim).

#4. Dapat menjauhkan diri dari neraka

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah”. (HR. Bukhori – Muslim).

Bagi Anda yang gemar bersedekah, maka Allah akan menjauhkan Anda dari siksa api neraka. Tidak masalah banyak atau sedikitnya sedekah yang diberikah, namun seberapa ikhlas dalam memberikan sedekah tersebut. Bersedekah tidak harus dengan memberikan uang atau harta yang banyak kepada orang lain. Memberikan makanan, pakaian, buku-buku, atau apapun yang memberi manfaat untuk orang lain juga dinamakan dengan sedekah. Cakupan sedekah dalam islam sangat luas. Bahkan senyum juga termasuk bersedekah.

#5. Merupakan salah satu amal yang tidak akan terputus sampai mati

Salah satu keutamaan sedekah yaitu merupakan amal yang tidak akan terputus sampai mati. Seperti diriwayatkan dari Abu Hurairah ra., bahwa Nabi SAW bersabda: ‘Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara, yaitu: Shodaqoh jariyah, anak yang sholeh yang memohonkan ampunan untuknya (ibu dan bapaknya) dan ilmu yang berguna setelahnya’. Begitu besarnya keutamaan sedekah, padahal semua amal akan terputus setelah mati, tapi tidak dengan sedekah.

#6. Sebagai naungan di hari akhir

Dalam sebuah hadits dinyatakan bahwa terdapat 7 (tujuh) orang yang akan mendapatkan naungan dari Allah dimana pada saat itu tidak ada lagi naungan selain naungannya. Diantaranya adalah orang yang suka bersedekah.

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya akan menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh yangan kanannya”. (HR. Bukhori)

#7. Sedekah dapat mengobati penyakit

Rasulullah SAW bersabda, “Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan bersedekah”.

Bersedekah memang dapat menyembuhkan penyakit, dalam hal ini adalah penyakit hati. Karena sedekah dapat membersihkan hati dan pikiran seseorang, dan atas izin Allah maka akan diringankan dan disembuhkan penyakit-penyakit tersebut. Sedekah menjadikan harta kita penuh berkah, sehingga hidup kita bisa menjadi lebih tenang dan damai. Selalu merasa cukup, tidak kekuarangan.

#8. Menghindarkan dari marabahaya

Selain bisa menjadikan Anda kaya, membersihkan harta, menghapus dosa, sedekah juga bisa menghindarkan Anda dari mara bahaya atau sebagai tolak balak. Dari Nabi Muhammad SAW bersabda:  “Shodaqoh (sedekah) itu menutup tujuh puluh pintu kejahatan.

Jadi, jika Anda ingin terhindar dari marabahaya, sebaiknya segera bersedekah. Tidak perlu muluk-muluk, bersedekah sesuai dengan kemampuan Anda. Bukan jumlahnya yang penting, melainkan ikhlas atau tidaknya Anda dalam memberikan sedekahlah yang lebih penting.

#9. Akan melewati jembatan Shiratal Mustaqim dengan cepat

Jembatan Shiratal Mustaqim merupakan jembatan untuk menuju ke surga dan di bawahnya terdapat neraka. Jembatan ini digambarkan seperti rambut yang terbelah menjadi tujuh dan lebih  tajam dari silet dan pedang, serta licin dan berduri.  Sudah terbayang bagaimana sulitnya menyeberangi jembatan ini, bukan? Tidak banyak orang yang bisa melewatinya dengan mudah.

Oleh karena itu, mari perbanyak sedekah, karena sedekah merupakah salah satu amal perbuatan yang akan menyelamatkan manusia di hari akhir. Memudahkan kita untuk melewati jembatan Shiratal Mustaqim dan menuju surga.

#10. Akan dimasukkan ke dalam surga tanpa hisab dan siksa

Sedekah dapat memudahkan Anda untuk masuk ke surga tanpa hisab dan siksa. Dengan syarat, sedekah tersebut penuh dengan keikhlasan, tidak dengan tujuan riya, mengumbar-umbar kepada khalayak ramai akan sedekah tersebut. Semua didasarkan niat yang tulus dan ikhlas hanya karena Allah. Untuk berbuat ikhlas memang bukan perkara yang mudah. Mungkin kita merasa ikhlas, tapi belum tentu hati kita ikhlas, kadang masih ada sesuatu yang mengganjal.

Tidak hanya itu keutamaan sedekah, ada 4 macam pembalasan bagi manusia yang menyedekahkan hartanya ke jalan Allah:

  • Sedekah yang diberikan kepada para fakir miskin akan dibalas 10x lipat.
  • Sedekah yang diberikan kepada sanak famili akan dibalas sebanyak 70x lipat.
  • Sedekah yang diberikan kepada teman-teman akan dibalas dengan 700x lipat.
  • Sedekah yang diberikan kepada para penuntut ilmu kan dibalas dengan 1000x lipat.

Begitu banyaknya keutamaan sedekah, namun masih banyak orang yang enggan bersedekah dan justru menganggap sedekah hanya akan mengurangi hartanya saja. Tanpa menyadari harta benda yang dimiliki saat ini hanyalah titipan dari Allah dan suatu saat nanti akan diambil lagi oleh Allah. Jadi, mengapa harus enggan dalam bersedekah?

Meskipun salah satu keutamaan sedekah yaitu menjadikan Anda kaya, jangan sampai Anda bersedekah dengan niat ingin menjadi kaya. Karena justru mungkin akan menghapuskan keutamaan sedekah itu sendiri. Lakukanlah dengan penuh ikhlas untuk membantu meringankan beban orang lain dan untuk mendapat ridho Allah semata.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.