Tips Mengatasi Stress di Tempat KerjaSetiap orang pasti pernah mengalami yang namanya stres, terlebih bagi orang dewasa. Menurut Wikipedia, stres adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat. Stres memang tidak selamanya buruk, ada juga stres yang justru menjadi tantangan positif bagi seseorang untuk meningkatkan mutu pekerjaan mereka.

Banyak faktor yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami stress. Antara lain karena pekerjaan, pernikahan, hubungan dengan orang tua, dan sebagainya. Adanya ketidakmampuan seseorang untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya juga bisa menjadi faktor penyebab stress. Stress adalah masalah yang kelihatannya sepele, namun jika tidak segera diatasi maka bisa membuat seseorang kehilangan akal sehat.

Bagi Anda yang saat ini sedang ditimpa banyak masalah yang membuat pikiran Anda serasa penuh sesak, ketahuilah cara untuk mengatasi stress. Layaknya laptop yang memorinya sudah penuh tapi tetap Anda gunakan seharian, maka yang terjadi akan nge-hang atau rusak. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi stress.

Tips untuk mengatasi stress:
#1. Jangan ragu untuk cerita kepada orang terdekat

Stress muncul karena Anda memikirkan banyak masalah dalam satu waktu dan tidak tahu bagaimana cara menyelesaikannya. Hal ini bisa membuat Anda kehilangan nafsu makan, tidak bisa tidur, dan akan mengganggu kesehatan Anda. Anda bisa mengatasi stress ini dengan cara menceritakan segala keluh kesah yang Anda alami kepada orang terdekat Anda. Seperti keluarga, teman, sahabat, atau siapapun yang membuat Anda merasa nyaman untuk bercerita.

Daripada Anda harus menyimpan semua masalah dalam diri Anda, lebih baik mengeluarkannya. Bisa jadi mereka mempunyai solusi terhadap masalah yang sedang Anda alami. Walaupun mereka tidak mempunyai solusinya, tapi setidaknya dengan menceritakannya kepada orang lain maka akan mengurangi sedikit beban yang ada di dalam pikiran Anda.

#2. Istirahat

Pekerjaan yang menumpuk membuat badan dan pikiran menjadi lelah. Inilah salah satu pemicu terjadinya stress. Apalagi pekerja kantoran yang selalu dikejar terget dan deadline. Untuk mengatasi stress ini Anda bisa beristirahat sejenak dari pekerjaan Anda. Seperti halnya mobil balap F1 yang melaju dengan kecepatan 300km/jam juga membutuhkan adanya pitstop, berhenti sejenak untuk mengganti ban atau yang lainnya.

Tubuh dan pikiran Anda juga membutuhkan istirahat sejenak dari rutinitas yang membuat pikiran Anda stress. Anda dapat melakukannya dengan ngbrol santai bersama teman, minum teh, ke kamar mandi, dan apapun yang dapat mengalihkan Anda dari pekerjaan tersebut. Saat istirahat makan siang, cobalah untuk fokus pada apa yang ada di depan Anda, lupakan sejenak tentang pekerjaan Anda. Jika Anda terus saja memikirkannya, bukannya pekerjaan tersebut cepat selesai tapi justru hanya akan menambah beban pikiran Anda.

#3. Melakukan Ibadah

Saat Anda merasa hidup Anda penuh dengan tekanan, hati dan pikiran Anda terasa sangat lelah, cobalah untuk kembali kepada Sang Pencipta. Dia-lah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ungkapkan semua hal yang membuat pikiran Anda penat kepadaNya. Bagi Anda yang muslim, Anda bisa mengambil air wudhu, sholat, dan rajin membaca Al-Qur’an. Sedangkan yang non muslim, Anda bisa menggunakan cara-cara yang Anda yakini untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Anda.

Dengan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, hati akan terasa lebih tentram dan damai. Anda akan lebih percaya diri untuk menghadapi segala masalah yang Anda alami saat ini. Cara mengatasi stress tidak hanya dengan marah-marah atau berteriak keras, karena hal itu tidak akan membawa manfaat apapun.

Baca juga: 7 Kebiasaan yang harus dihindari agar cepat kaya

#4. Selalu bersyukur atas segala sesuatu

Cara mengatasi stress selanjutnya yaitu dengan bersyukur atas segala sesuatu yang telah diberikan oleh Allah SWT. Penerimaan terhadap apa yang Anda miliki, segala kekurangan Anda, membuat hati dan pikiran Anda menjadi lebih tenang.

Terkadang stress di tempat kerja tidak hanya karena pekerjaan yang menumpuk. Tetapi bisa jadi karena ada seseorang rekan kerja yang membuat Anda iri, entah karena kinerjanya yang lebih baik dari Anda, atau penampilan fisik dan gayanya yang membuat Anda minder.

Oleh karena itu, Anda harus senantiasa bersyukur kepada Allah. Setiap manusia diciptakan oleh Allah dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cobalah untuk fokus pada kelebihan Anda, bukan pada kekurangan Anda. Jadilah diri Anda sendiri, terima kekurangan Anda, jadikan hal tersebut sebagai kekuatan Anda. Hal ini bisa menjadi cara untuk mengatasi stress yang Anda alami.

#5. Olahraga secara rutin

Rutin berolahraga juga merupakan salah satu cara untuk mengatasi stress akibat pekerjaan. Olahraga membuat fisik sehat, begitu juga dengan psikologi dan emosi seseorang. Ohraga rutin meskipun cuma sebentar akan meningkatkan daya tahan tubuh Anda sehingga terhindar dari hal-hal yang dapat mengakibatkan stress dan depresi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan kesehatan seseorang baik secara fisik maupun secara psikologis. Olahraga juga dapat menyebabkan perubahan kimiawi pada otak yang dapat meningkatkan mood seseorang termasuk mood dalam bekerja yang sempat menurun.