Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera semoga hanya kebaikan yang menyertai kita semua . .

Tempo hari saya klien saya bertanya tentang bagaimana cara membuat orang betah berlama-lama di caffe.

Pertanyaan ini sangat banyak sekali saya terima, jadi untuk meminimalisir pertanyaan tersebut akan saya jawab dalam satu vidio ini semoga bisa membantu Anda.

Langsung saja berikt beberapa cara atau tips yang bisa anda lakukan agar orang betah lama-lama di caffe anda

Yang pertama, sesuaikan tata letak ruangan caffe anda sesuai dengan target pasar anda, misal nya jika target pasar anda adalah anak-anak remaja maka buat tataletak anda yang gaul, masa kini, nyaman, cocok untuk foto atau instagramble . jika target pasar anda adalah orang-orang ekslusif maka buat tata letak ruangan anda yang menjaga privasi, elegan dan mewah. Jadi untuk tata letak ini jangan ngawur, pemilihan properti harus pas, di sesuaikan dengan target pasar anda.

Banyak sekali kesalahan dalam menata letak atau mendesain caffe, seperti membuat caffe elegan dan mewah di area kampus atau area pinggiran kota, mereka akan mengira caffe anda mahal dan enggan untuk mampir. Sekalipun ada yang mampir tidak sebanyak jika anda mendesain caffe lebih sederhana

Lalu cara yang kedua, jaga kebersihan tempat usah anda, ini adalah hal mutlak yang mau tidak mau harus anda terapkan di usaha caffe anda, menjaga kebersihan memang hal mutlak yang harus di terapkan tapi pada kenyataanya masih banyak caffe yang mengabaikan kebersihan tempat, kebersihan , kerapian dan penampilan karyawan, tak jarang yang mengabaikan nya. Bahkan sekalipun caffe anda sederhana kebersihan sangatlah harus di jaga. Dan ingat kebersihan ini tidak hanya tempat nya saja tapi, penampilan karyawan caffe anda, kebersihan masakan atau tempat makan anda, harus bersih menyeluruh

Lalu cara yang ke tiga, buat kursi dan meja makan yang nyaman jika harus duduk berlama-lama, jangan memilihi kursi yang keras, meja dan kursi juga harus proporsional, jangan terlalu tinggi danjangan terlalu rendah, kalau bisa pilih meja yang ada sandaran kaki dan pilih kursi yang ada sandaran tangan. Lalu perhatikan jumlah meja dan kursi nya juga, harus banyak agar nyaman jika berlama-lama di caffe anda. dan mengani meja dan kursi ini saran saya pilihlah yang ringan atau portable bisa di pindah dengan mudah jangan yang berat apalagi yang tidak bisa di pindah.

Lanjut ke empat, beri hiburan tambahan seperti wifi gratis, band atau orgend tunggal, tv atau layar lebar, atau membuat event-event tertentu seperti nobar atau anda kerja sama dengan klub atau komunitas tertentu untuk kopdar di caffe anda, dengan kerja sama tersebut anda akan saling menguntungkan, misalkan anda hanya mengenakan biaya konsumsi saja tidak perlu sewa tempat, anda untung mengenalkan tempat anda ke orang-orang, komunitas tersebut juga untung tidak perlu tambah biaya sewa, dengan ada acara tersebut tentu akan menjadi kebiasaan para anggota komunitas untuk mampir dan nongkrong di caffe anda

Dan yang kelima yang sering dan selalu saya katakan apapun usaha anda buat satu keunikan di usaha anda, termasuk caffe . buat satu keunikan yang tidak di miliki oleh caffe-caffe lain. Keunikan ini akan menjadi indentitas atau pengingat caffe anda.

Kurang lebih itu cara nya menurut saya pribadi, bisa jadi benar atau pun salah, tapi jika anda lakukan tidak ada rugi nya.

Saya rasa itu dulu yang bisa saya sampaikan, Terimakasih, sampai jumpa dikesempatan selanjutnya, akhir kata jika ada kebenaran yang saya katakan, itu semata dari Tuhan YME, jika ada salah kata saya pribadi mohon maaf. Saya Abah Romdhoni.

Wassalamualaikum Wr. Wb.