Tips Sukses Membangun Bisnis Online Saat ini masyarakat Indonesia dan juga mancanegara sedang dilanda demam internet. Karena kemajuan teknologi yang sangat pesat membuat semua hal dapat diakses dengan mudah melalui internet. Bahkan pengaruh netizen (penduduk dunia maya) mempunyai pengaruh yang lebih besar daripada citizen (penduduk kota). Berita apapun yang sudah terlanjur tersebar di internet maka sulit untuk dihentikan, karena dalam hitungan detik bisa menyebar diberbagai negara.

Inilah yang kemudian dilirik oleh para pebisnis sebagai peluang besar. Mereka memanfaatkan internet sebagai media promosi dan penjualan secara online. Hanya dengan modal smartphone  dan jaringan internet, Anda bisa mempromosikan dan menjual barang dagangan Anda tanpa harus mengeluarkan banyak modal untuk menyewa toko.

Bagi Anda para pebisnis pemula tidak perlu takut akan adanya modal materi yang banyak untuk terjun ke bisnis online. Karena dalam bisnis online Anda bisa mulai menjual barang tanpa harus mengeluarkan banyak modal.

Meskipun dalam bisnis online tidak serumit jika ingin membangun bisnis secara offline, bukan berarti Anda bisa membangun bisnis online dengan tangan kosong. Semua bisnis pasti membutuhkan persiapan yang matang untuk meminimalisir kerugian dan mendapatkan banyak keuntungan. Nah, bagi Anda bisnis pemula yang ingin terjun dalam bisnis online, berikut ini ada 10 tips sukses bisnis online yang bisa Anda terapkan.

10 Tips Sukses Membangun Bisnis Online 
1. Tentukan tujuan yang jelas

Tips sukses bisnis online yang pertama adalah menentukan tujuan yang jelas. Hal ini dilakukan agar jika suatu saat nanti, di tengah jalan Anda merasa lelah dengan bisnis ini atau sudah putus asa, maka Anda perlu mengingat tujuan utama Anda untuk bisa bangkit lagi. Tujuan utama berguna untuk memotivasi diri Anda untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih maju. Memudahkan Anda untuk melangkah karena Anda sudah tahu benar apa tujuan Anda. Tidak mudah terombang-ambing oleh godaan yang bisa jadi membuat Anda menyerah dalam  bisnis.

2. Buat rencana yang matang

Setelah menentukan tujuan utama, selanjutnya buatlah sebuah rencana akan bisnis Anda. Putuskan Anda ingin mencoba bisnis apa, berapa modal yang Anda butuhkan, berapa perkiraan omzet yang akan Anda dapatkan, bagaimana konsepnya, siapa saja pesaingnya, siapa saja target market Anda, pendapatan dan pengeluaran perbulan dan pertahunnya.

Rencana yang matang akan mempermudah Anda untuk mengelola bisnis tersebut. Selain itu untuk meminimalisir adanya kerugian di masa mendatang. Anda akan lebih mudah mengatasi masalah karena sudah menyiapkan plan B atau rencana alternatif untuk bisnis Anda.

3. Lakukan survey pasar

Seorang pebisnis bisa mengalami kegagalan salah satunya yaitu karena belum mengenal kondisi pasar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan survey pasar terlebih dahulu agar Anda mengetahui siapa target market Anda, apa masalah yang sedang mereka hadapi dan harus Anda selesaikan, apakah produk Anda memiliki banyak pesaing atau tidak, untuk mengetahui sejauh mana produk Anda dibutuhkan oleh masyarakat.

4. Tekun dan tidak mudah menyerah

Jangan Anda mengira bisa langsung sukses dengan bisnis online hanya dalam sekejap saja. Semua kesuksesan pasti membutuhkan waktu dan perjuangan yang tidak mudah. Sama halnya dengan bisnis online, jika Anda ingin sukses dalam bisnis online maka harus tekun melakukannya tahap demi tahap.

Apalagi dalam bisnis online Anda tidak bisa menawarkan secara langsung kepada pelanggan, harus melalui berbagai media. Anda harus pintar dalam membuat foto produk, kemasan yang menarik, sering berkomunikasi dengan pelanggan melalui media sosial dan sebagainya. Untuk itulah sebelumnya Anda harus memiliki rencana yang matang.

5. Fokus pada bisnis yang Anda geluti

Fokus merupakan salah satu tips sukses dalam bisnis online. Curahkan semua perhatian Anda pada bisnis yang saat ini sedang Anda geluti. Saat Anda fokus pada suatu hal maka akan cepat terselesaikan. Berbeda jika Anda melakukan banyak hal dalam satu waktu, bukannya akan selesai tapi justru akan berantakan karena tidak ada yang selesai satu pun.

6. Membuat Website

Kebanyakan para pebisnis pemula lebih mengandalkan media sosial dan melupakan website. Perlu Anda ingat, media sosial adalah tempat dimana orang-orang ingin menghabiskan waktu senggang mereka untuk berhubungan dengan orang yang mereka kenal, untuk sekedar melepas penat, bukan untuk membeli barang.

Anda bisa menggunakan media sosial sebagai media promosi Anda, tapi sebaiknya Anda juga memiliki sebuah website. Disanalah Anda akan membahas produk Anda dengan lebih rinci. Website juga bisa menjadi toko online Anda, misalkan WordPress yang menyediakan plugin woocommerce bagi Anda yang ingin membuka toko online melalui WordPress.

7. Membangun dan memperluas jaringan

Tips sukses selanjutnya yaitu, Anda harus membangun dan memperluas jaringan merupakan hal yang sangat penting untuk keberlangsungan bisnis Anda. Seperti rajin berkomunikasi dengan para pembaca blog Anda, membalas komentar atau berkomentar di akun orang lain, rutin posting produk di media sosial untuk mengingatkan pengikut Anda akan produk Anda.

8. Mengetahui dan memahami media sosial sebagai media promosi

Bisnis online berkaitan erat dengan media sosial sebagai media promosi dan juga penjualan. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui dan memahami berbagai media sosial. Perlu Anda ketahui, setiap media sosial memiliki kebiasaan anggota yang berbeda-beda. Misalnya Anda mengupload gambar produk di instagram dan mendapat puluhan like hanya dalam waktu singkat, namun belum tentu Anda akan mendapatkan jumlah like yang sama saat Anda menguploadnya di Facebook.

9. Berani mengambil resiko

Jangan pernah takut akan resiko, justru dengan adanya resiko membuat Anda semakin kuat dan ahli dalam suatu hal. Resiko menuntut Anda untuk belajar menjadi lebih baik lagi. Kebanyakan orang tidak ingin menjadi pebisnis karena takut akan berbagai resiko, seperti kerugian, gagal, bangkrut, ditipu, dan sebagainya.

Resiko adalah bagian dari kesuksesan dalam  bisnis, jadi mau tidak mau Anda harus menghadapinya. Saat Anda menghadapi sebuah resiko akan ada dua kemungkinan, yaitu berhasil dan gagal. Tapi jika Anda takut akan resiko, maka sudah jelas Anda gagal sebelum berjuang.

10. Jangan pernah menunda

Almarhum pengusaha sukses Indonesia, Bob Sadino pernah berkata, “Bisnis yang paling baik adalah bisnis yang dijalankan”. Jadi, apapun bisnis Anda saat ini, Anda tidak akan mengetahui akan membawa keuntungan atau tidak sebelum Anda melakukannya. Sebagai manusia Anda hanya bisa merencanakan, tapi Tuhanlah yang akan menentukan.

Sebagus apapun rencana Anda, jika tidak direalisasikan maka hanya akan tinggal rencana. Tidak akan menghasilkan apa-apa. Jadi, jangan pernah menunda untuk melakukan bisnis. Entah nantinya akan gagal atau berhasil, setidaknya Anda sudah mencobanya.

Selain melakukan 10 tips sukses tersebut, juga harus Anda imbangi dengan usaha batin. Yaitu usaha-usaha dengan mendekatkan diri kepada Tuhan. Karena segala sesuatu yang ada di dunia ini terjadi karena kehendak Tuhan. Seperti, dengan rajin beribadah dan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan Anda, menggunakan sarana supranatural yang tidak menyimpang dari ajaran agama, dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.